Simak Berapa Lama Pencairan Dana Asuransi Bumiputera Lengkap dengan Cara Klaimnya 2022

Asuransi Bumiputera merupakan perusahaan asuransi jiwa yang berada di bawah naungan BUMN. Produk yang dihadirkan cukup lengkap, mulai dari untuk nasabah individu, kumpulan, sampai dana pensiun. Namun sempat dikenakan sanksi gagal bayar oleh OJK, membuat banyak yang bertanya berapa lama pencairan dana asuransi Bumiputera. Untuk menjawab hal ini, simak ulasan berikut.

Apakah Asuransi Bumiputera Bangkut Setelah Gagal Bayar ?

Melihat dari sejarahnya, asuransi Bumiputera memang pernah dikenakan sanksi gagal bayar oleh Otoritas Jasa Keuangan. Meskipun mengalami kasus kesulitan membayar klaim, namun perusahaan terus berupaya menyelamatkan keberlangsungannya. Adapun upaya yang dilakukan seperti menerbitkan produk baru dan dikelola secara terpisah, manajemen aset, sampai menjual aset.

Pencairan Dana Asuransi Bumiputera

Di samping itu, asuransi Bumiputera pun berjanji akan tetap membayar semua klaim yang tertunda. Jadi tidak perusahaan ini tidak bisa dikatakan bangkrut. Dan yang membuat semua ini terjadi disinyalir terletak pada manajemennya. Karena masalah sudah mulai muncul sejak tahun 2010. 

Saat itu perusahaan didera kasus penggelapan uang, dimana klaim nasabah harusnya Rp. 100 juta namun yang dilaporkan ke dalam kas perusahaan senilai Rp. 200 juta. Pada tahun 2007 dan 2008 pun terdapat kontrak bermasalah dengan manajemen investasi. Semua permasalahan tersebut berimbas pada audit keuangan perusahaan yang mendapat nota tidak wajar.

Alhasil, masalah keuangan ini terus bergulir sampai sekarang dan satu per satu mulai terlihat pokok permasalahannya. Namun mengingat bahwa permasalahan keuangan perusahaan belum selesai, maka belum dapat benar benar dipastikan berapa lama pencairan dana asuransi Bumiputera.

Produk Asuransi Bumiputera

Meskipun asuransi Bumiputera saat ini masih beroperasi. Berkaca pada kasus kasus yang terjadi, ada baiknya anda melakukan konsultasi dengan para ahli terlebih dahulu apabila ingin membeli produk asuransinya. Adapun produk asuransi yang ditawarkan oleh Bumiputera sendiri antara lain sebagai berikut.

1. Asuransi Jiwa Perorangan

Untuk asuransi jiwa perorangan, Bumiputera menghadirkan dua pilihan produk yaitu Mitra Proteksi Mandiri dan Mitra Beasiswa. Mitra Proteksi Mandiri diperuntukkan bagi anda yang berprofesi sebagai nelayan, petani, peternak, atau pekerja lainnya. Harga premi minimal sebesar Rp. 200 ribu per bulan dengan uang pertanggungan di awal sebesar 24 kali premi bulanan.

Simak Berapa Lama Pencairan Dana Asuransi Bumiputera Lengkap dengan Cara Klaimnya

Sementara produk Mitra Beasiswa adalah produk asuransi yang dirancang agar nasabah dapat memastikan anaknya bisa melanjutkan pendidikan, ketika orang tua mengalami risiko cacat total tetap ataupun meninggal dunia. Selain mempersiapkan tabungan pendidikan anak, polis ini adalah solusi alternatif bagi para orang tua.

2. Asuransi Jiwa Kumpulan

Berapa lama pencairan dana asuransi Bumiputera produk kumpulan ? Umumnya pembayaran manfaat klaim adalah 14 hari terhitung dari tanggal berkas diterima dengan lengkap. Namun untuk saat ini belum dapat dipastikan kembali jika melihat kondisi dari asuransi Bumiputera.

Asuransi jiwa kumpulan yang ditawarkan oleh perusahaan ini sendiri tersedia dalam pilihan polis Asuransi Kecelakaan, Asuransi Kredit, Asuransi Ekawaktu, dan Asuransi Idaman. Asuransi kecelakaan yaitu memberikan perlindungan kepada tertanggung apabila meninggal dunia atau cacat akibat kecelakaan.

Baca Juga: Apa Itu Asuransi Jiwa? Berikut Pengertian, Manfaat Terbaik & 4 Jenisnya

Lalu asuransi kredit memberikan perlindungan kepada mereka yang mempunyai utang kepada lembaga keuangan. Kemudian asuransi ekawaktu memberikan perlindungan kepada karyawan dan keluarganya atas risiko kerugian finansial yang disebabkan oleh kematian. Dan asuransi idaman (iuran dana mantap) memberikan perlindungan hingga maksimal 30 tahun atas risiko kematian.

3. DPLK atau Dana Pensiun

Selain menawarkan asuransi perorangan dan asuransi kumpulan, Bumiputera juga menghadirkan produk asuransi dana pensiun atau DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan). DPLK ini menawarkan pengelolaan dana pensiun untuk membantu nasabah dalam memperoleh manfaat uang pensiun, setelah mereka nantinya tidak lagi bekerja.

Adapun pilihan investasi yang ditawarkan cukup beragam. Mulai dari surat pengakuan utang, pasar uang, saham, sampai saham syariah. Lantas, berapa lama pencairan dana asuransi Bumiputera untuk produk DPLK tersebut ? Sama seperti klaim produk asuransi lainnya, biasanya lama pencairan kurang lebih 14 hari kerja setelah dokumen dinyatakan lengkap.

Cara Mencairkan Asuransi Bumiputera

Untuk klaim dan mencairkan asuransi Bumiputera, nasabah dapat mengisi formulir klaim yang dibutuhkan dengan disertai dokumen pendukung. Kemudian dokumen tersebut dikirimkan ke kantor pusat atau kantor cabang asuransi Bumiputera. Ahli waris atau keluarga harus segera memberi informasi ke pihak Bumiputera apabila pemegang polis meninggal dunia.

Sehingga pengalihan klaim asuransi untuk selanjutnya akan diurus. Adapun syarat pengajuan klaim yang perlu dipersiapkan antara lain polis asli atau fotokopi, tanda bukti pembayaran premi asuransi terakhir, pengajuan klaim atas kematian, surat keterangan kematian yang telah dilegalisir, dan salinan kartu keluarga.

Selain itu, anda juga perlu menyertakan surat kuasa dari ahli waris apabila klaim tidak dilakukan langsung oleh ahli waris tersebut. Dan jika ahli waris belum memenuhi persyaratan, maka harus dilampirkan pula keputusan mengenai perwalian dari pengadilan negeri.

Pencairan Dana Asuransi Bumiputera

Apabila semua dokumen sudah dinyatakan lengkap, maka berapa lama pencairan dana asuransi Bumiputera yaitu sama seperti yang telah disebutkan di atas. Yakni sekitar 14 hari setelah dokumen diterima. Dimana 14 hari tersebut adalah hari kerja, yang tidak termasuk hari libur biasa maupun tanggal merah hari libur nasional.

Cara Cek Polis Asuransi Bumiputera

Apabila anda saat ini sudah menjadi nasabah Bumiputera atau hendak membeli produk asuransi dari perusahaan tersebut, sebaiknya pahami pula cara cek polis. Ini nantinya akan membantu anda mengetahui apakah polis aktif atau tidak. Sehingga dapat mempermudah proses pencairan di kemudian hari. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan di sini, yaitu sebagai berikut.

1. Menggunakan SMS Center

Untuk melakukan pengecekan saldo polis asuransi Bumiputera, anda bisa menggunakan layanan SMS center. Caranya yaitu dengan mengirimkan SMS ke nomor 0811881912 dengan format REG (nomor polis) untuk mendaftar. Kemudian ketikkan BP (nomor polis) NT ke nomor yang sama untuk pengecekan saldo, dan ketik BP (nomor polis) PREMI untuk mengetahui informasi premi asuransi.

2. Melalui Situs Web Resmi Bumiputera

Selain menggunakan SMS center, anda juga dapat mengecek polis asuransi Bumiputera melalui situs web resminya. Portal situs web milik Bumiputera yaitu www.bumiputera.com, dan anda bisa mengeceknya melalui menu AJB Bumiputera 1912. Selanjutnya buka bagian kontak kami pilih formulir khusus untuk pertanyaan. 

Ikuti semua petunjuk yang muncul di layar, di sana anda bisa mengecek jumlah nilai tunai atau saldo asuransi yang dapat diklaim. Pada menu yang sama, anda bahkan bisa mencari tahu langkah langkah yang dapat diambil untuk melakukan pencairan. Berapa lama pencairan dana asuransi Bumiputera ? Jawabannya adalah sekitar 14 hari kerja setelah dokumen anda diterima.

Jadi pencairan dana asuransi Bumiputera umumnya membutuhkan waktu sekitar 14 hari kerja. Namun mengingat bahwa saat ini Bumiputera masih terkendala masalah keuangan, mungkin dibutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. Apabila anda masih tertarik membeli produk asuransi dari perusahaan ini, sebaiknya jangan lupa berkonsultasi dengan ahli dan diimbangi dengan tabungan serta investasi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top