Apakah Jenis Usaha Asuransi Jiwa ? Yuk Kenali 3 Konteks Terbaru Ini Sebelum Membeli!

Bukan untuk menghindar dari kematian, asuransi jiwa berfungsi menyiapkan dana untuk bekal kehidupan para ahli waris yang ditinggalkan. Sehingga produk asuransi ini penting bagi mereka yang menjadi tulang punggung keluarga, sebagai antisipasi kerugian finansial akibat dari hal tidak terduga. Lalu apakah jenis usaha asuransi jiwa tersebut ? Yuk kenali macam macamnya sebelum anda membeli.

Jenis Usaha Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Apakah Jenis Usaha Asuransi Jiwa

1. Pengertian Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi jiwa berjangka atau term life insurance yaitu produk asuransi yang memberikan perlindungan selama jangka waktu tertentu. Dimana manfaat atau uang pertanggungan akan dibayarkan apabila terjadi kematian tertanggung selama masa perlindungan berlaku. Asuransi jiwa semacam ini paling cocok untuk calon pemegang polis yang baru meniti karir atau ingin memproteksi masa depan anaknya.

Adapun cara klaim asuransi jiwa berjangka adalah sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam polis. Dan semua ketentuan umumnya sesuai UU asuransi, sehingga anda tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu mengisi formulir klaim di tempat membeli produk asuransi, kemudian lengkap dokumen yang diminta dan kirim dokumen tersebut ke kantor asuransi. Berikutnya anda hanya perlu menunggu klaim diproses.

Baca juga: Apa Itu Asuransi Jiwa ? Yuk Kenali Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya di Sini

2. Manfaat Membeli Asuransi Jiwa Berjangka

Apakah jenis usaha asuransi jiwa ini memiliki banyak manfaat ? Tentu, terdapat beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan melalui produk tersebut. Seperti keuntungan kematian, yang dapat diklaim apabila tertanggung meninggal dunia selama polis masih berjalan. Dimana jumlah klaim kematiannya tergolong tinggi.

Selain itu, asuransi jiwa berjangka mempunyai cakupan risiko yang memungkinkan tanggungan anggota keluarga mendapatkan manfaat dengan besaran sesuai polis. Hanya saja, jenis asuransi jiwa ini memang tidak membayarkan dividen bertahun tahun. Meski begitu tetap mampu melindungi tanggungan dari si pemegang polis.

3. Jenis Asuransi Jiwa Berjangka

Lantas ada berapa Jenis Usaha Asuransi Jiwa? Asuransi jiwa berjangka dibagi kembali menjadi beberapa jenis, yaitu asuransi YRT (yearly renewable), asuransi jiwa berjangka meningkat, asuransi jiwa berjangka tetap, asuransi jiwa berjangka menurun, dan family income benefit. Masing masing pengertiannya yaitu, asuransi YRT memiliki masa aktif selama satu tahun saja dan dapat diperbarui sampai batas usia tertentu.

Dan asuransi jiwa berjangka meningkat memberikan proteksi terhadap polis asuransi dari kemungkinan terjadi inflasi yang disebabkan oleh meningkatnya beban perlindungan. Contohnya polis asuransi bisa naik sebesar 3 persen setiap tahun, jadi biaya preminya pun akan mengalami peningkatan berkala.

Kemudian untuk asuransi jiwa berjangka tetap adalah kebalikan dari asuransi YRT. Karena anda tidak dapat melakukan pembaruan, jangka waktu polis asuransi umumnya tidak lebih dari satu tahun. Sedangkan asuransi jiwa berjangka menurun berbanding terbalik dari asuransi jiwa berjangka meningkat.

Dalam hal ini, manfaat pertanggungan asuransi akan menurun selama polis berlaku sampai sudah tidak berlaku lagi. Kabar baiknya, jenis asuransi jiwa berjangka ini memungkinkan anda mendapat manfaat tambahan seperti kredit dan manfaat penghasilan keluarga. Terakhir, family income benefit yaitu manfaat tambahan berupa manfaat penghasilan keluarga pada nasabah yang menjadi tulang punggung.

Jenis Usaha Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Apakah Jenis Usaha Asuransi Jiwa

1. Pengertian Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Apabila anda bertanya apakah jenis usaha asuransi jiwa, maka whole life insurance merupakan salah satunya yang begitu populer. Produk asuransi ini memberikan perlindungan sepanjang hayat bagi para nasabah. Biasanya perlindungan maksimal sampai tertanggung berusia 100 tahun. 

Terdapat dua karakteristik yang akan anda temukan pada asuransi jiwa seumur hidup. Yang pertama yaitu memberikan pertanggungan seumur hidup selama polis masih berlaku. Lalu yang kedua, memberikan pertanggungan asuransi sekaligus mengandung unsur tabungan. Sehingga anda yang memutuskan menjadi nasabah dapat mempersiapkan masa tua dengan baik.

2. Manfaat Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Bagi anda yang ingin mengatur dan mempersiapkan keuangan dengan baik di masa tua nanti, asuransi jiwa seumur hidup dapat menjadi solusi perlindungan finansial. Salah satu manfaat dari produk ini adalah adanya fitur berupa face amount, yaitu uang pertanggungannya yang dibayarkan saat masa pertanggungan berakhir atau terjadi kematian.

Selain itu, whole life insurance memiliki beberapa manfaat lainnya. Seperti adanya nilai tambahan dari hasil investasi, manfaat ganti rugi 100% uang pertanggungan untuk kasus kematian, premi tidak akan hangus apabila tidak ada klaim, jaminan besaran premi dasar yang tetap, dan adanya manfaat jaminan nilai tunai yang tidak dipengaruhi fluktuasi pasar.

3. Jenis Polis Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Sama seperti asuransi jiwa berjangka, apakah jenis usaha asuransi jiwa seumur hidup juga bermacam macam ? Dalam hal ini, anda akan menjumpai setidaknya empat jenis whole life insurance. Yaitu polis jiwa seumur hidup langsung, polis jiwa seumur hidup pembayaran terbatas, polis tidak berpartisipasi, dan polis berpartisipasi.

Yang dimaksud polis jiwa seumur hidup langsung yaitu pemegang polis akan membayar premi sampai tertanggung berusia 100 tahun atau meninggal dunia. Sementara pembayaran terbatas berarti premi hanya dibayarkan dalam jangka waktu tertentu atau sampai usia tertentu saja, meskipun perlindungan tetap berlanjut seumur hidup.

Dan untuk polis tidak berpartisipasi yaitu perusahaan asuransi tidak akan menyertakan unsur bonus dalam uang pertanggungan. Selain itu ahli waris juga akan mendapat jumlah yang terbatas apabila tertanggung meninggal dunia. Sebaliknya, memiliki polis berpartisipasi memungkinkan tertanggung mendapatkan keuntungan apabila membeli premi asuransi tambahan.

Jenis Usaha Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)

Apakah jenis usaha asuransi jiwa hanya berjangka dan seumur hidup ? Tidak, di Indonesia anda juga dapat menemukan dua jenis lainnya. Salah satunya yaitu asuransi jiwa dwiguna atau endowment insurance. Produk asuransi jiwa ini mampu memberikan sejumlah manfaat, apakah tertanggung meninggal selama jangka waktu pertanggungan atau tetap hidup sampai akhir jangka waktu tersebut.

Apakah Jenis Usaha Asuransi Jiwa

Dimana setiap polis asuransi mempunyai maturity date atau tanggal jatuh tempo, yakni tanggal pembayaran uang pertanggungan jika tertanggung masih hidup. Dan tanggal jatuh tempo ini akan tercapai pada akhir jangka waktu atau ketika tertanggung mencapai usia tertentu, seperti yang telah ditetapkan di awal perjanjian.

Asuransi Unit Link

Terakhir, ada jenis asuransi jiwa unit link yang merupakan produk asuransi dengan manfaat gabungan. Asuransi jiwa unit link menjadi sangat populer di kalangan anak muda yang baru merintis karir. Pasalnya produk ini mampu memberikan manfaat asuransi dan manfaat investasi sekaligus.

Premi yang dibayarkan oleh nasabah nantinya akan dialokasikan ke dalam dua mekanisme pengelolaan, yaitu pengelolaan premi dasar untuk kepentingan proteksi dan satu lagi premi investasi yang dikelola oleh manajer investasi. Sehingga tertanggung berkesempatan mendapat imbal hasil atas investasi tersebut. Bagaimana, apakah jenis usaha asuransi jiwa di Indonesia sudah jelas ?

Jenis jenis usaha asuransi jiwa di dalam negeri memang cukup bervariasi. Sehingga anda dapat memilih produk yang dinilai paling sesuai dengan kebutuhan masing masing. Tentunya yang perlu anda sikapi sebelum membeli produk yaitu pastikan perusahaan telah terdaftar di OJK. Selain itu, akan lebih bagus apabila anda mengimbanginya dengan tabungan dana darurat serta investasi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top